Dibawah ini adalah review salah satu buku sumber mata kuliah Media Pengajaran. Semoga bermanfaat ! :)
1.
Identitas
Buku
·
Judul
Buku : Media Pengajaran
·
Penerbit :
PT. Sinar Baru Algesindo
·
Penulis :
Dr. Nana Sudjana dan Drs. Ahmad Rivai
·
Halaman :
219 Halaman
·
Ukuran
Buku : 14,5 X 20,5 cm
2.
Judul
Review : Media Pengajaran
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan
menjadi tugas dan tanggung jawab guru. Karena gurulah yang membina para siswa
di sekolah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Namun mengupayakan
peningkatan kualitas pendidikan ini bukanlah hal yang mudah.
Saat proses belajar – mengajar, guru
akan mengambil alih seluruh kelas dan menjadi satu titik yang menjadi pusat
pengendali keadaan belajar siswa. Ini adalah sebuah tantangan bagaimana agar
siswa selalu tetap fokus dan tertarik, bersemangat dan antusias dalam mengikuti
kegiatan belajar. Tidak heran, saat guru mengajar di kelas suasana kelas mulai
tidak kondusif dan membosankan, siswa akan mengalihkan perhatian mereka pada
hal lain seperti mengobrol dengan temannya, melamun, mencoret – coret buku
catatan, dan sebagainya. Itu adalah realita yang sudah sering terjadi. Lalu
bagaimanakah agar guru bisa mengurangi dan bahkan mencegah hal – hal yang telah
disebutkan tadi terjadi?
Hal ini menjadi suatu topik yang perlu
dikaji dan dibahas lebih lanjut. Karena dari masa ke masa hal ini akan terus
terjadi. Dari pengkajian hal tersebut muncullah ide dan inovasi dalam proses
belajar mengajar, yaitu dengan cara menginovasi gaya belajar dengan melibatkan
media – media yang menunjang untuk kegiatan belajar. Media pengajaran ini dapat
mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya
diharapkan dapat mempertinggi hasil hasil belajar yang dicapainya.
Dalam bukunya Dr. Nana Sudjana dan
Drs. Ahmad Rivai menjelaskan mengapa media pengajaran dapat mempertinggi proses
belajara siswa, diantaranya:
a.
Pengajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
b.
Bahan
pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para
siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajran lebih baik;
c.
Metode
mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata – mata komunikasi verbal melalui
penuturan kata – kata dari guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak
kehabisan tenaga, apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran;
d.
Siswa
lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian
guru, tetapi juga aktifitas lain seperti mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan dan lain – lain.
Dalam bukunya penulis menyampaikan
penellitian yang dilakukan terhadap penggunaan media pengajaran dalam proses
belajar mengajar sampai kepada kesimpulan, bahwa proses dan hasil belajar para
siswa menunjukan perbedaan yang berarti antara pengajaran taanpa media dengan
pengajaran menggunakan media. Oleh sebab itu penggunaan media pengajaran dalam
proses pengajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pengajaran.
Melalui bukunya penulis menyampaikan
bahwa melalui media pengajaran diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses
belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar
siswa. Beberapa jenis media yang biasa digunakan dalam kegiatan pendidikan dan
pengajaran dapat digolongkan menjadi media grafis , media proyeksi, media audio
dan lingkungan sebagai media pengajaran.
Buku ini secara jelas menorehkan
tujuan ditulisnya buku ini yakni mencoba menjelaskan media pengajaran baik yang
berkenaan dengan penggunaannya dalm proses belajar – mengajar maupun
pembuatannya sepanjang dimungkinkan oleh para guru.
Selanjutnya terlepas dari itu semua
tetap kepada bobot yang terkandung dalam buku ini bahwa buku ini memang pantas
menjadi traffic light bagi para pendidik karena mengingat proses pembelajaran
berjalan dengan samar seperti angin yang berhembus menggoyangkan pucuk
pepohonan, mudah dilihat akan tetapi sangat sulit menagkalnya, sehingga
buku ini hadir ketangan pembaca sebagai penunjuk jalan, paling tidak pembaca
dapat memperoleh gamabaran tentang metode pembelajaran yang lebih menarik yang kerap kali dilakukan oleh para pendidik.
mba bukunya ad??dmn bs mmbelinya?
ReplyDeleteada mas, tapi versinya sudah lama, kalo mau cari, diatas tercantum kok identitas bukunya :)
ReplyDeletebisa di dapet dmna ini bukunya?? gambar diatas itu sampul bukunya ya?? trus ini buku keluaran tahun berapa? please reply
ReplyDeletebukan mba R Dwi, itu gambar dari internet. sampulnya warna hijau mba.
Deleteini cetakan ke 6 2006. saya ngga tau apakah ada cetakan terbaru atau tidak. karena buku yg saya pegang ini sudah lama dan bekas..